Jumat, 23 Maret 2012

Kumpulan Pepatah

Orang yang mencintai tidak melihat kekayaan, sebaliknya orang yang melihat kekayaan tidak mencintai.
Kekayaan bukan factor penentu hubungan. Jika seseorang sungguh-sungguh mencintai anda, ia akan mencintai anda apa adanya dan dalam kondisi apapun (dalam susah atau senang, saat kaya atau miskin, ketika sehat ataupun miskin).

Melihat sekali lebih baik daripada mendengar ratusan kali. Mempraktikkan sekali lebih baik daripada melihat ratusan kali.
Dalam mempelajari sesuatu, akan lebih mudah bagi kita langsung mempraktikkannya daripada membaca teorinya.


Lebih baik mahir dalam satu bidang daripada mengerti banyak bidang tetapi setengah-setengah. (Mengerti ratusan keahlian tidak lebih baik daripada menguasai satu yang dasar).
Lebih baik menguasai satu keterampilan secara mendalam daripada banyak tetapi setengah-setengah

Bulir padi yang bernas merunduk, bulir padi yang gabuk mencuat ke atas.
Semakin tinggi ilmu seseorang, semakin ia rendah hati.

Penyakit masuk melalui mulut, malapetaka keluar dari mulut.
Orang yang mendapat kemalangan karena perkataannya sendiri. Pandai-pandailah menjaga mulut karena ucapan yang berlebihan atau tidak pada tempatnya dapat menimbulkan kesalahpahaman. Tahu kapan harus berbicara dan kapan harus diam adalah sikap bijaksana.

Sebelum menangani urusan keluarga tidak tahu mahalnya kebutuhan rumah tangga (beras, kayu bakar, dan sebagainya).
Tanpa mempraktikkan secara langsung, orang tidak akan mengetahui kesulitannya. Setelah mengalami, barulah kita bias merasakannya.

Tidak menangis sebelum melihat peti mati.
Tidak percaya sebelum dihadapkan dengan kenyataan yang keras atau pahit.

Mustahil (orang) bisa bertambah arif dan pandai tanpa pengalaman hidup.
Pengetahuan dan kebijaksanaan diperoleh dari pengalaman, pendidikan dan observasi. Banyak orang tidak mempunyai gelar sarjana, tetapi mereka sukses. Hal ini karena mereka mau belajar dari pengalaman, selalu memperluas wawasan (dengan membaca, berdiskusi, mengikuti seminar, dan sebagainya), dan yang terpenting memiliki motivasi dan tekad untuk maju dan berkembang. Ilmu tidak hanya diperoleh dari bangku sekolah, namun juga dari pengalaman sehari-hari. Justru di luar sekolah itulah ada lebih banyak hal yang bisa digali.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar