Jumat, 23 Maret 2012

Wisdom ! ! !

Jangan hanya memperhatikan yang sekarang dan mengabaikan masa depan.
Janganlah bertindak hanya demi kesenangan dan keuntungan sesaat yang justru dapat mendatangkan kesengsaraan dan masalah di masa depan. Biasakanlah untuk menimbang dan memikirkan segala sesuatunya sebelum bertindak, agar anda tidak menyesal dan sengsara dikemudian hari.

Tidak gusar dan tidak dendam, dapat hidup sampai beruban.
Seseorang akan lebih sehat dan panjang umur jika hatinya damai dan pikirannya tenang, tidak dibebani kebencian, dendam atau hal-hal negative lainnya.

Tidak mau berupaya, tidak ada hasilnya.
Orang barat mengatakan NO PAIN NO GAIN. Hidup adalah perjuangan, dan untuk mencapai kesuksesan tidak ada jalan pintas. Kita harus bekerja keras, teguh, disiplin, serta tidak mudah putus asa. Ingatlah bahwa tidak ada “sukses yang jatuh dari langit”. Semua harus diperjuangkan dengan usaha dan tentu saja doa.

Orang sukses tidak santai, orang santai tidak sukses.
Orang sukses adalah orang yang memiliki kemauan dan keuletan, mau bekerja keras, dan tidak suka menyia-nyiakan waktu. Menurut sebuah survey, orang sukses bekerja jauh lebih keras dan memiliki standar waktu kerja jauh lebih tinggi daripada kebanyakan orang. Jika orang kebanyakan bekerja 40 jam seminggu, orang sukses bekerja lebih dari itu.

Kereta sampai di depan gunung pasti ada jalan, kapal sampai di pangkalan pasti merapat.
Segala sesuatu pasti ada memiliki cara untuk menyelesaikannya. Tuhan tidak pernah menutup jalan seseorang. Anda tidak perlu bingung bila menghadapi suatu masalah. Carilah solusi dan tentukan arah penyelesaiannya. Mulailah bekerja dan selesaikan secara bertahap, niscaya persoalan besar dan rumit sekalipun akan dapat diselesaikan.

Berhadapan berupa orang, berbalik punggung berupa setan.
Bila berhadapan muka, mulutnya manis, bila di belakang, lain pula kata-katanya.

Kesempatan tidak boleh dilewatkan, karena waktu tak dapat diputar ulang.
Kita harus memanfaatkan setiap kesempatan yang ada karena, jika kesempatan itu lewat, tidak akan ada lagi kesempatan yang sama untuk kedua kalinya. Yang menjadi persoalan adalah kita tidak tahu kapan kesempatan baik itu datang dan dalam bentuk yang bagaimana. Biasanya, begitu kesempatan itu lewat, barulah kita sadar. Oleh karena itu jangan menyepelehkan kesempatan yang kecil sekali pun Karena dari sana sukses besar mungkin saja diperoleh dengan melakukan tindakan-tindakan yang tepat.
Kesempatan dan keberuntungan pun dapat diciptakan, misalnya dengan meningkatkan kemampuan dan ketrampilan, memperluas wawasan, menjalin komunikasi dengan teman-teman yang memiliki potensi lebih.
Namun ingat, jangan sampai kita terlena oleh keuntungan yang kita dapat. Jangan hanya duduk berpangku tangan menunggu-nunggu kesempatan dan lupa mengerjakan tugas yang lain, karena pada akhirnya kita sendiri yang akan rugi.

Semakin tua jahe, semakin pedas rasanya. Semakin tua seseorang, semakin banyak pengalamannya.
Seiring bertambahnya usia seseorang, semakin banyak pengalamana hidup yang ia dapatkan biasanya akan semakin matang kepribadiannya.

Hidup di dekat sungai akan memahami karakter ikan, tinggal di dekat gunung akan mengenal kicauan burung.
Hidup dekat dengan alam, hewan, atau apa pun akan membuat kita lebih memahaminya. Hal ini juga berlaku bagi hubungan kita dengan orang lain. Untuk dapat memahami karakter seseorang kita harus bergaul dan berinterksi dengan orang tersebut, dan biasanya memerlukan jangka waktu tertentu.

Mudah mengubah sungai dan gunung, sulit mengubah watak manusia.
Yang paling sulit diubah adalah sifat atau watak manusia. Bahkan sifat manusia bisa dikatakan tidak akan berubah. Manusia cenderung mempertahankan kebiasaan-kebiasaan yang sudah mendarah daging.


Sumber : http://indonesia.faithfreedom.org/forum/kumpulan-pepatah-peribahasa-kebijaksanaan-dll-t40988/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar